TES WARTEGG

Sekitar sebulan yang lalu saya mengikuti Tes yang diadakan oleh ECC UGM untuk proses seleksi Karyawan dan beasiswa ikatan dinas PLN.Alhamdulilah saat ini saya sudah mencapai tahap wawancara.di Tes Tahap ke tiga yaitu psikotes yang meliputi papikostik,kraepelin,wartegg .Awalnya saya juga tidak mengetahui bentuk tes apakah ini?

Sekarang saya bagi-bagi pengalaman untuk tes wartegg, saya diberi 3 kertas gambar 2 lembar kosong dan 1 lembar terisi dengan 8 kotak gambar yang belum terselesaikan.tugas awal yaitu menyelesaikan menggambar dari 8 kotak-kotak tersebut,setelah itu menuliskan gambar mana yang lebih dulu dikerjakan (1-8) dan menjelaskan gambar apa yang dibuat, kemudian mementukan manakah gambar yang paling anda sukai ,gambar yang paling anda tidak sukai,gambar yang paling mudah dan gambar yang paling sulit.untuk mengetahui 8 kotak gambar yang belum terisi tersebut kunjungi  TES WARTEGG

Setelah itu 1 kertas yang belum terisi agar disii dengan menggambar Pohon Berkambium dan menuliskan nama pohon tersebut.

Kemudian terakhir menggambar manusia utuh dan menuliskan data-datanya seperti nama,umur,hal yang sedang dilakukan,kelebihan dan kekurangan.

Klo tes yang ini saya bingung sekali karena saya tidak pandai menggambar…namun tampak dalam tes ini yang ingin dilihat yaitu Tingkat kereatifitas,tingkat kepercayaan diri,kejujuran,dan saya tidak tahu lagi..(Tanya ank psikologi ja,tapi pasti gakan ada yang mau menjawab karena kata mereka dapat melanggar kode etik psikologi..hehe..tapi jadi tertantang mau cari ce ank psikologi..^_^)

Saran dalam tes ini :

1.Gambarlah sesuai dengan apa yang kamu pikirkan dan rasakan..^_^

2.waktu tes melengkapi 8 kotak gambar, buatlah gambar yang bermakna jangan menggambar seperti gambar anak TK loh..becanda,,^_^

3.Waktu menggambar Pohon berkambium buatlah Pohon itu memiliki cambium dengan menggoreskan ukiran di tubuh pohon,kemudian buatlah tangkai,daun,akar, dan buah agar lebih ramai (seru kan?…kayanya dalam gambar ini ingin dilihat seberapa teliti pengerjaannya,keluwesan bekerja dan seberapa unik diri kamu…wkwkwkw…)

4.Waktu Menggambar Manusia utuh (hal ini tanpa disadari secara langsung adalah gambaran diri aanda sendiri di masa depan atau hal yang sedang anda pikirkan dan impikan),waktu habis tes ini saya Tanya teman-teman saya tadi gambar apaan?ada yang gambar pemain bola,artis,eksmud,dll.kemudain tulislah kelebihan dan kekurangan dari gambar manusia yang anda buat…(klo saya menuliskan tentang diri saya sendiri..^_^)

Ya udah segitu aja dulu yiia bagi-bagi pengalamannya..mohon maaf klo banyak salah…

semoga bermanfaat..

4 Responses to TES WARTEGG

  1. selvi says:

    salam sukses,
    tes proyeksi ini memang sangat menarik,hanya dengan melihat tulisan atau gambar seseorang kita bisa tahu data banyak hal.ytp ang paling saya sukai adalah bisa diketahui pola pikir dan kepribadiannya serta penyimpangan psikis nya….hemmmm,andai saya melihat apa yg anda gambar,saya bisa tahu siapa anda(@_6)

  2. hakiiem says:

    emg bener ya bisa kelihatan pola pikir dan kepribadian dr sebuah gambar..??

    ilmu psikologi canggih juga…;p

    jd pgn bljr bnyk tntg psikologi terutama untuk tes psikotes dan wawancara kerja..:)

  3. Andal says:

    Waduh2, klo qt seorng psikopat dpt ketahuan jg ya…, Yg pasti psikologi digunakan untuk mengklasifikasikan sifat orng, bner tidaknya itu hnya penilaian oleh psikolog, jngn takut klo ikut psikotest. Tujuannya baik koq…

  4. masa sih canggih says:

    masa sih canggih? kan cuma interpretasi aja.
    sebetulnya tes ini bahaya untuk seleksi calon pegawai.

    karena isinya cuma interpretasi. yang interpretasi kan manusia, yg dalam kondisinya sendiri harus dites apakah dia siap memeriksa hasil tes.

    bayangkan. orang mau cari rejeki, terhambat oleh tes kayak begini?

    coba dipikir lagi dari segi ilmiahnya, dan harus bisa dipertanggung jawabkan secara penuh. ini penentuan seleksi, ga maen2.

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

