Juventus taklukan Real Madrid!!

Juventus akhirnya bisa tersenyum puas karena kemenangan yang sudah ditunggu-tunggu selama ini datang juga. Lebih menggembirakan lagi, kesuksesan itu diraih atas sebuah tim raksasa Eropa, Real Madrid, yang ditaklukkan dengan skor 2-1 pada matchday 3 Liga Champions, Selasa (21/10) malam atau Rabu (22/10) dini hari WIB.Alhasil, tiga poin yang dipungut dari laga di Stadion Olimpico Grande Torino itu membuat Bianconeri memimpin klasemen sementara Grup H dengan total tujuh angka. Mereka unggul satu poin dari Madrid yang harus turun satu strip setelah menuai kemenangan di dua partai sebelumnya.

Hasil tersebut juga menjadi sebuah sinyal positif bagi pelatih Claudio Ranieri. Pasalnya, pertandingan ini juga menjadi penentu nasibnya, apakah bertahan atau lengser dari posisinya yang sempat berada di ujung  tanduk lantaran gagal membawa “si Nyonya Besar” meraih kemenangan dalam lima pertandingan terakhir.

Bermain di hadapan publiknya, Juventus yang kehilangan beberapa pemain pilar, termasuk kiper Gianluigi Buffon yang sedang dibekap cedera, tampil percaya diri. Mereka langsung mengambil inisiatif menyerang ketika peluit kick-off berbunyi.

Hasilnya langsung dituai saat pertandingan baru berlangsung lima menit. Alessandro Del Piero mampu memaksimalkan umpan terobosan Amauri, karena bola tendangan keras dengan kaki kanannya dari luar kotak penalti bersarang di pojok kiri gawang Madrid, tanpa bisa dijalau Iker Casillas.

Gol itu membuat kubu Madrid terhenyak. Tim besutan Bernd Schuster itu pun bermain lebih agresif dan mengendalikan permainan. Namun, sejumlah peluang yang dimiliki tak berujung gol sehingga sampai babak pertama usai, skor 1-0 tak berubah.

Pada babak kedua, Juventus lagi-lagi membuat kejutan. Seperti pada babak pertama, kali ini Bianconeri langsung menekan pertahanan Madrid, membuat Pepe cukup kelabakan dan melakukan sebuah kesalahan fatal karena bola yang dihalau justru jatuh ke kaki Pavel Nedved.

Gelandang veteran itu pun menggiring bola lewat sisi kiri dan melepaskan umpan silang ke mulut gawang. Amauri yang tak mendapat pengawalan ketat dari Gabriel Heinze, mampu memaksimalkannya karena mantan striker Palermo itu menyundul si kulit bundar yang sempat membentur kaki Heinze dan mengoyak sisi kiri gawang Casillas.

Tak ayal, Juventini–sebutan untuk fans Juventus–yang sudah rindu menyaksikan kemenangan timnya, dengan antusias menyambut gol pada menit ke-49 tersebut. Juventus pun unggul 2-0.

Tertinggal dua gol, Madrid yang akhir pekan kemarin baru saja menuai kemenangan 2-1 saat melakoni derby Madrid melawan Atletico, meningkatkan tempo permainan. Kerja keras juara Spanyol itu membuahkan hasil pada menit ke-66, saat sundulan Ruud van Nistelrooy menyambut umpan silang Heinze dari sayap kiri, bersarang di pojok kanan gawang Juventus yang dikawal Alex Manninger.

Sebelum skor berubah menjadi 2-1, Madrid juga mendapat beberapa peluang emas. Kesempatan terbaik diperoleh Wesley Sneijder yang melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti. Sayang, bola eksekusi pemain asal Belanda itu membentur tiang gawang dan memantul keluar.

Pada sisa waktu pertandingan setelah gol Nistelrooy itu, Madrid sangat dominan. Tetapi, Los Blancos sangat kesulitan menembus rapatnya pertahanan Juventus, yang akhirnya memetik kemenangan pertama di bulan Oktober ini.

Susunan pemain

Juventus: Alexander Manninger; Giorgio Chiellini, Nicola Legrottaglie (Olof Mellberg 45′), Christian Molinaro, Zdenek Grygera; Claudio Marchisio (Hasan Salihamidzic 38′), Mohamed Sissoko, Pavel Nedved, Marco Marchionni; Alessandro Del Piero, Carvalho De Oliveira Amauri (Vincenzo Iaquinta 78′)

Real Madrid: Iker Casillas; Fabio Cannavaro, Pepe, Gabriel Heinze, Sergio Ramos; Fernando Gago, Wesley Sneijder, Rafael Van der Vaart (Royston Drenthe 76); Raul, Ruud van Nistelrooy, Gonzalo Higuain (Arjen Robben 54′)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: