Juventus Mengalahkan Milan 4 : 2

Juventus Benamkan Milan 4-2
Arya Perdhana – detiksport

AFP/Giuseppe Cacace
Turin – Juventus meraih kemenangan penting dalam upayanya mengejar Inter Milan di Seri A. Menjamu salah satu musuh terberatnya, AC Milan, Juve berhasil mengemas kemenangan 4-2.

Di bawah rintik hujan yang membasahi Stadion Olimpico Turin, Senin (15/12/2008) dinihari WIB, empat gol dari Alessandro del Piero, Giorgio Chiellini, dan dua dari Carvalho Amauri hanya mampu dibalas oleh gol Alexandre Pato dan Massimo Ambrosini.

Kemenangan ini membuat posisi Juventus kembali merapat ke Inter. Dengan poin 33, Juve yang berada di posisi runner-up kini hanya berselisih enam angka di belakang Inter.

Sementara bagi Milan, kekalahan ini mempersempit peluang mereka untuk turut berebut scudetto. Rossoneri masih tercecer di peringkat empat dengan 30 poin, kalah selisih gol dari Napoli yang berpoin sama.

Jalannya pertandingan
Laga baru berusia seperempat jam ketika Juve mendapat hadiah penalti dari wasit. Sepakan 12 pas diberikan menyusul ditekelnya Del Piero oleh Marek Jankulovski di kotak terlarang.

Dengan percaya diri, Del Piero sendiri mengambil hadiah penalti itu dan sukses melesakkan si kulit bundar melewati hadangan kiper Christian Abbiati yang mengawal gawang Milan.

Tiga menit kemudian, Milan membuang peluang emas untuk memberi jawaban instan. Sebuah umpan dari Clarence Seedorf menuju Massimo Ambrosini. Meski bebas, sundulan Ambrosini meleset jauh dari sasaran.

Menit ke-22, giliran Alex Manninger yang menyelamatkan gawang Juventus. Sang kiper harus berjibaku menepis tembakan bebas jarak jauh yang dilepaskan oleh Andrea Pirlo.

Serangan-serangan Milan akhirnya menemui hasil di menit 30. Kakha Kaladze memberi umpan kepada Ronaldinho yang lantas menyodorkan ke Pato. Tanpa kesulitan, Pato mencetak gol penyama skor jadi 1-1.

Skor ini hanya bertahan tiga menit karena kemudian Juve berhasil mengembalikan keunggulan. Tendangan sudut Del Piero disambut dengan tandukan Chiellini yang menghunjam jala Milan.

Juve memasuki masa jeda dengan nyaman ketika Amauri menjadikan skor 3-1 di menit 41. Umpan silang Paolo De Ceglie dari sayap kiri dengan mudah disambar dengan kepala oleh penyerang Brasil itu menjadi gol.

Lima menit memasuki babak kedua, Mohammed Sissoko hampir saja memperlebar keunggulan Juve. Tetapi tendangan keras pemain Mali itu masih bisa ditepis oleh Abbiati yang menjatuhkan diri ke arah kanan bawah.

Milan membuka harapan untuk mengejar lewat gol Ambrosini di menit 55. Menerima umpan dari Seedorf, Ambrosini melepaskan tendangan kencang yang menjebol jala Manninger. Bola berbelok arah karena sebelumnya sempat mengenai kaki Chiellini.

Upaya Milan mengejar mendapat pukulan telak ketika mereka harus kehilangan Gianluca Zambrotta di menit 66. Bek kanan Rossoneri itu mendapat kartu kuning kedua karena melanggar De Ceglie.

Tiga menit berselang, gawang Milan kembali kebobolan. Amauri mencetak gol keduanya dengan sebuah tendangan kaki kiri dari dalam kotak penalti. Sebelumnya, Amauri mendapat umpan lambung yang manis dari Sissoko.

Del Piero hampir menambah derita tim tamu di menit 71. Tendangan keras kapten La Vecchia Signora itu gagal ditepis oleh Abbiati namun mental oleh tiang gawang sebelah kanan Milan.

Di sisa waktu yang ada, tak banyak yang bisa diperbuat kedua tim. Skor 4-2 untuk keunggulan Juve pun bertahan hingga wasit mengakhiri pertarungan seru ini.

Susunan pemain
Juventus: Manninger; Grygera, Mellberg, Chiellini, Molinaro; Marchionni, Sissoko, Marchisio, Nedved (De Ceglie 30); Amauri, Del Piero

Milan: Abbiati; Zambrotta, Maldini, Kaladze, Jankulovski; Emerson (Shevchenko 46), Pirlo, Ambrosini (Antonini 74); Seedorf, Ronaldinho; Pato (Inzaghi 76)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: