TES WARTEGG

January 29, 2009

Sekitar sebulan yang lalu saya mengikuti Tes yang diadakan oleh ECC UGM untuk proses seleksi Karyawan dan beasiswa ikatan dinas PLN.Alhamdulilah saat ini saya sudah mencapai tahap wawancara.di Tes Tahap ke tiga yaitu psikotes yang meliputi papikostik,kraepelin,wartegg .Awalnya saya juga tidak mengetahui bentuk tes apakah ini?

Sekarang saya bagi-bagi pengalaman untuk tes wartegg, saya diberi 3 kertas gambar 2 lembar kosong dan 1 lembar terisi dengan 8 kotak gambar yang belum terselesaikan.tugas awal yaitu menyelesaikan menggambar dari 8 kotak-kotak tersebut,setelah itu menuliskan gambar mana yang lebih dulu dikerjakan (1-8) dan menjelaskan gambar apa yang dibuat, kemudian mementukan manakah gambar yang paling anda sukai ,gambar yang paling anda tidak sukai,gambar yang paling mudah dan gambar yang paling sulit.untuk mengetahui 8 kotak gambar yang belum terisi tersebut kunjungi  TES WARTEGG

Setelah itu 1 kertas yang belum terisi agar disii dengan menggambar Pohon Berkambium dan menuliskan nama pohon tersebut.

Kemudian terakhir menggambar manusia utuh dan menuliskan data-datanya seperti nama,umur,hal yang sedang dilakukan,kelebihan dan kekurangan.

Klo tes yang ini saya bingung sekali karena saya tidak pandai menggambar…namun tampak dalam tes ini yang ingin dilihat yaitu Tingkat kereatifitas,tingkat kepercayaan diri,kejujuran,dan saya tidak tahu lagi..(Tanya ank psikologi ja,tapi pasti gakan ada yang mau menjawab karena kata mereka dapat melanggar kode etik psikologi..hehe..tapi jadi tertantang mau cari ce ank psikologi..^_^)

Saran dalam tes ini :

1.Gambarlah sesuai dengan apa yang kamu pikirkan dan rasakan..^_^

2.waktu tes melengkapi 8 kotak gambar, buatlah gambar yang bermakna jangan menggambar seperti gambar anak TK loh..becanda,,^_^

3.Waktu menggambar Pohon berkambium buatlah Pohon itu memiliki cambium dengan menggoreskan ukiran di tubuh pohon,kemudian buatlah tangkai,daun,akar, dan buah agar lebih ramai (seru kan?…kayanya dalam gambar ini ingin dilihat seberapa teliti pengerjaannya,keluwesan bekerja dan seberapa unik diri kamu…wkwkwkw…)

4.Waktu Menggambar Manusia utuh (hal ini tanpa disadari secara langsung adalah gambaran diri aanda sendiri di masa depan atau hal yang sedang anda pikirkan dan impikan),waktu habis tes ini saya Tanya teman-teman saya tadi gambar apaan?ada yang gambar pemain bola,artis,eksmud,dll.kemudain tulislah kelebihan dan kekurangan dari gambar manusia yang anda buat…(klo saya menuliskan tentang diri saya sendiri..^_^)

Ya udah segitu aja dulu yiia bagi-bagi pengalamannya..mohon maaf klo banyak salah…

semoga bermanfaat..


TES PAULI-KRAEPELIN

January 29, 2009

Sekitar sebulan yang lalu saya mengikuti Tes yang diadakan oleh ECC UGM untuk proses seleksi Karyawan dan beasiswa ikatan dinas PLN.Alhamdulilah saat ini saya sudah mencapai tahap wawancara.di Tes Tahap ke tiga yaitu psikotes yang meliputi papikostik,kraepelin,wartegg .Awalnya saya juga tidak mengetahui bentuk tes apakah ini?

Sekarang saya bagi-bagi pengalaman untuk tes Kraepelin,.pada waktu tes ini saya diberikan selembar kertas ukuran kertas Koran yang isinya bolak-balik penuh dengan angka-angka.peraturan tesnya yaitu kita hanya disuruh menjumlahkan angka di atas dan di bawah yang hasilnya di taruh di tengah-tengah(untuk lebih jelas nanti saya beri contoh),kemudian setiap beberapa menit pengawas ujian akan memerintahkan untuk menggaris di lembaran, maka peserta wajib menggarisnya.(untuk menandakan telah sampai mana pengerjaannya)

Contoh bentuk soal tesnya

4                5

9                   7

5                2

3                6

8               4

9                  2

1              8

0                  5

9            7

Angka yang saya cetak tebal adalah jawaban dari soal bentuk Kraepelin,susunan soal kraepelin yaitu angka-angka yang memanjang hingga ke bawah kemudian setelah mencapai batas bawah dimulai menjawab kembali dari atas kolom beikutnya dengan lembar soal sebesar kertas Koran bolak-balik dan waktu yang terbatas.

Pembasan di [1,1] kolom pertama baris pertama dan [1,2] kolom pertama baris ke dua terdapat angka 4 dan 5,tugas anda hanya menjumlahkan bilangan tersebut dan menuliskannya di tengah-tengah kolom ke pinggir sedikit.. 4 + 5 = 9,,dan untuk kasus 1 + 9 = 0, 4+8 = 2, karena yang diminta jawaban hanya dalam bentuk satuan.untuk lebih jelas tentang contoh tes ini cek aja di KRAEPELIN-PAULI tes

Menurut saya pribadi tampak jenis tes seperti ini untuk melihat dan mengukur seberapa jauh Tingkat konsentrasi,kestabilan,performa kerja dan bagaimana menghadapi kerja dibawah tekanan.

Karena dalam tes ini kami tidak mengetahui waktu yang diberikan dan kami berlomba-lomba untuk mengisi sebanyak-banyak dan tidak lupa menggaris ketika pengawas ujian memerintahkan (ketika menggaris tanpaknya dsini akan dilihat tingkat grafik perfoma kerja apa cenderung meningkat,menurun atau stabil?),untuk perhitungan( dilihat tingkat konsentrasi dan pengaruh tekanan kerja)

Saran saya dalam tes kraepelin:

1.Konsentrasi pada lembar jawaban sendiri,jangan terpengaruh dengan peserta ujian yang lain,walaupun mereka telah mengerjakan dengan sangat cepat,karena belum tentu mereka lebih teliti.

2.Cermat dan teliti

3.Buatlah dan pertahankan Ritme pengerjaan (jika anda sudah mendapatkan ritmenya,maka akan terasa lebih mudah)

semoga bermanfaat..


Lowongan kerja PT. Chevron

November 15, 2008

Our client, Chevron – the global energy company most admired for its people, partnership and performance invites qualified, self-motivated and excellent track record executives to join professional environment as:

Experienced (4 years and above) – Job Vacancies


General Qualifications:

    • D3/S1 (see Job Title)
    • At least 3 or 4 years experience (see Job Title) in Oil and Gas/Geothermal Industry
    • Willing to relocate to one of Chevron operations locations (East Kalimantan/Riau/ West Java)
    • Able to work hardly and under pressure condition.
    • Strong in ensuring quality results, mentor others
    • Desiring to work in a multicultural and diverse organization
    • Able to identify issues, problems and opportunities
    • Strong in exploiting technology by challenging paradigms; think expansively and evaluated multi-solutions

Please click Job Title below:

Job Title

Discipline

State

Lab Analyst (LAB-EXP/LA)

D3 degree Geology

Riau

Geosciences Technical Assistant (ES-EXP/TA)

D3 degree (Computer, Mechanical Eng, Mining Eng, Petroleum Eng, Chemical Eng or Electrical Eng)

West Java

Flow Measurement Specialist (OPS-EXP/FMS)

S1 (Engineering of Electrical, Electronic, Physics and Physic Science-Instrument)

East Kalimantan,Riau, West Java

Job

More job vacancies for D3 or S1 – please visit and apply online at: http://chevron. experd.com

Ria Windyka (Ria)

Employment Solution Division

EXPERD CONSULTANT

“Adding Value to Business Results”

Plaza III Pondok Indah Blok C/2

Jakarta 12310

Telp/Fax : 021-75906448 / 021-75906442

jobs@experd. com


Psikotes Pekerjaan&Beasiswa

September 22, 2008

gw mau bagi-bagi pengalaman neh…

kemaren-kemaren gw sempet ngeapply beasiswa prestasi Djarum…

alhamdulilah seleksi administrasi gw lolos…

tanggal 18 September gw dapat panggilan untuk Psikotes di hotel Quality ruang kalasan Yogyakarta bersama 130 peserta dari UGM..

awalnya gw pikir neh psikotes mau nguji IQ,.wah ternyata pas di sana dugaan gw salah..

psikotes itu cuma pengen tahu aja kepribadian kita,tentang hubungan kita,cara kita bekerja,dsb

1.tes pertama ada 225 soal yang harus dijawab cepat tanpa diberitahukan waktunya.pilihan cuma A/B dan gada yang salah karena ini tes kepribadian..= )

2.Tes Gambar : jadi 8 kotak gambar trus dari 8 kotak gambar yang udah goresan sedikit tugas kita cuma ngelanjutin mau digambar apa…??tapi bingung jg loh masalahnya ada goresannyaaneh-aneh,abis itu suruh milih gambar yang termudah,tersulit,yang paling disukain dan yg paling ga disukain..

3.Tes Gambar tahap kedua : kalini kita dikasih 2 kertas gambar…tugasnya yaitu gambar manusia utuh..(aduh dari jaman dulu gw klo gambar manusia kaga pernah bener..hoho…) dan yang kedua suruh gambar pohon berkambium (huff….)

pengumuman luls seleksi psikotesnya harini senin,22 september at rektorat UGM…doain ja yiia..(tp gw nothing lose ja c…dari 130 peserta dari UGM –> diambil 25 yg lolos tes kepribadian __> 10 yang lulus interview)

nah yang gw mau tanyain kenapa ya kok disurh bikin gambar manusia utuh dan phon berkambium??

trus juga masalah jawaban tes soal yg 225 gw kebanyakan jwbnya memihak kepada teman dan mengatur jadwal sebelum beraktifitas,gw suka yang terencana dan gw lebih suka kerja atas inisiatif sendiri klo memungkinkan…

trus pas gambar phon berkambium..gw bikin daunnya,ma buah sama gw banyakin daunnya..(karena sebelumnya gw pernah denger katany itu untuk mengetahui karakter kerja kita..)

ada yang punya pendapat ga..??

bingung neh…

ada yang punya tips juga..??

thx b4..


Lowongan Pekerjaan Teknik Juli Agustus

September 9, 2008

PT KARINDA SUMBER DAYA; ENGINEER
Lowongan Pekerjaan Teknik Juli Agustus July 17, 2008 Expiry date : Thursday, July 31, 2008

PT KARINDA SUMBER DAYA
Cooperates with national and international scale oil and gas companies.

Engineering division from any disciplines

We have vacant position for

ENGINEER

Requirements:
1. Minimum Bachelor Degree
2. Minimum 5 years experiences in oil and gas industry
3. Familiar with related standard and codes
4. Good command of English
5. Good computer literacy and other related Software

Please send your application (max. 200kb) with POSITION AND YOUR NAME ON YOUR EMAIL

Apply to:
PT KARINDA SUMBER DAYA
Jl. Prof. Dr. Soepomo SH No. 42
Jakarta – Selatan
Or email to: eko.cahyo@ikpt.com